BerandaBerita KegiatanWorkshop Tunas Integritas II: Kolaborasi Tunas Integritas Nasional

Workshop Tunas Integritas II: Kolaborasi Tunas Integritas Nasional

Kolaborasi TI II SemarangWorkshop Pematangan Konsep dan Panduan Sistem Integritas (Kolaborasi Tunas Integritas Nasional II) dilaksanakan pada 24 s.d. 27 Agustus 2015 di Hotel Grand Candi, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 30 Kementerian/Lembaga/Organisasi/Pemerintah Daerah (KLOP) dan dibuka oleh Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo.

Kegiatan Workshop ini merupakan kegiatan lanjutan dari Kolaborasi Tunas Integritas Nasional I di Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada bulan Februari 2015. Kegiatan ini bertujuan mematangkan konsep sistem integritas yang telah dibangun di masing masing KLOP yang nantinya diharapkan dapat menjadi Indonesia Corporate University (I-CorpU) yang disepakati yang akan mengadakan konvensi tingkat nasional.

Pada kegiatan tersebut, setiap KLOP melakukan self assessment menggunakan Integrity Dashboard yang terdiri dari 7 level penilaian, yaitu: Level of Engagement, Tunas Integritas, Level of Sharing, Level of Assurance, Level of Alignment, Komponen Sistem Integritas, dan Komite Integritas. Hasil self assessment Integrity Dashboard pada KKP yang disusun saat pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai berikut:

 

 

  1. Level of Engagement, adalah pemetaan sejauh mana pembangunan integritas pada KLOP menyatu dengan organisasi, bukan sebagai kegiatan sukarelawan. Pada penilaian ini terdapat 6 tingkatan. KKP berada pada tingkat ke 4, yaitu bangun sistem integritas jadi beban tunas integritas, belum mencapai tingkat: bangun integritas jadi komitmen organisasi dan seluruh elemen organisasi bangu sistem integritas penuh dedikasi.

  2. Tunas Integritas, bahwa setiap KLOP diharapkan membentuk Tunas Integritas sesuai dengan konsep Pareto 20/80 dengan harapannya terdapat 20% orang strategis KLOP yang menjadi Tunas Integritas. Total pegawai KKP per Agustus 2015 sebanyak 10.862 orang, maka nilai pareto 20% yang harus dipenuhi sebagai Tunas Integritas adalah sebanyak 2.172 orang. Kondisi saat ini bahwa jumlah Tunas Integritas yang ada di lingkungan KKP sebanyak 96 orang atau 4,42% dari yang diharapkan.

  3. Level of Sharing, adalah pemetaan kemampuan KLOP untuk membantu KLOP lainnya dalam proses pembangunan integritas. Pada penilaian ini terdapat 7 tingkatan. KKP berada pada tingkat ke-3, yaitu telah ada informasi dan data bukti keberhasilan.

  4. Level of Assurance, adalah pemetaan kemampuan KLOP untuk mengendalikan organisasi untuk dapat sampai pada tujuannya. KKP berada pada tingkat ke-3, yaitu effective internal control plus risk management.

  5. Level of Alignment, adalah pemetaan kemampuan KLOP untuk menyelaraskan seluruh elemen organisasi dari mulai visi, misi, nilai, strategi, kebijakan, program hingga kegiatan. KKP berada pada tingkat ke-4, yaitu: establish basic (7’s) alignment factor.

  6. Komponen Sistem Integritas, adalah persentase dari pemenuhan sistem integritas, terdapat 16 pernyataan terkait sistem integritas. Nilai KKP adalah 66,67%.

  7. Komite Integritas, adalah persentase dari pemenuhan peran komite integritas. KKP belum membentuk komite integritas, namun beberapa item telah dilaksanakan, sehingga nilai pemenuhannya sebesar 42,86%.

Kolaborasi TI II SemarangUntuk dapat mendukung I-CorpU diharapkan masing-masing KLOP dapat meningkatkan dan mengembangkan organisasi mengunakan Integrity Dashboard.

Rencana kerja pematangan sistem integritas KKP untuk mencapai corporate integrity sebagai berikut:

  1. Sampai dengan September 2015 membentuk Komite Integritas KKP, Workshop Tunas Integritas Pejabat eselon I dan II;

  2. Sampai dengan Desember 2015 melaksanakan Workshop Tunas Integritas Eselon III, IV dan pejabat fungsional, Sosialisasi PPG kepada stakeholders KKP dan keluarga pegawai KKP;

  3. Sampai dengan Maret 2016 melaksanakan evaluasi komponen sistem integritas secara mandiri dan eksternal, serta penyusunan Pedoman Sistem Integritas KKP.